Ingin Menjadi Seorang Data Analis? Begini Cara Kerjannya

Illustrasi pekerjaan Data Analis (Foto: Pixabay)

ARENA DIGITAL –Profesi data analis telah menjadi peran yang semakin kritis dalam era di mana data menjadi aset berharga untuk perusahaan. Seorang data analis bertanggung jawab untuk menggali wawasan dari data dan menyampaikannya dalam bentuk yang dapat dimengerti. Berikut adalah gambaran tentang cara kerja seorang data analis.

1. Memahami Kebutuhan Bisnis

Konsultasi dengan Pemangku Kepentingan: Data analis bekerja sama dengan pemangku kepentingan bisnis untuk memahami tujuan, pertanyaan bisnis, dan tantangan yang ingin dipecahkan melalui analisis data.

Menentukan KPI: Menetapkan Key Performance Indicators (KPI) yang relevan dengan tujuan bisnis untuk menjadi dasar analisis data.

2. Pengumpulan Data

Sumber Data yang Beragam: Data analis mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk basis data perusahaan, sumber eksternal, dan sumber data publik.

Pembersihan Data: Tahap pembersihan data melibatkan identifikasi dan koreksi kesalahan, duplikasi, atau nilai yang hilang untuk memastikan data yang dihasilkan akurat dan dapat diandalkan.

3. Eksplorasi dan Analisis Data

Visualisasi Data: Data analis menggunakan teknik visualisasi data untuk membuat grafik, grafik, dan dashboard yang memudahkan pemahaman tren dan pola.

Analisis Deskriptif: Melalui analisis deskriptif, data analis memberikan gambaran umum tentang distribusi data dan karakteristiknya.

Analisis Statistik: Penggunaan metode statistik untuk mengidentifikasi korelasi, regresi, dan pola yang lebih kompleks dalam data.

4. Modeling dan Prediksi

Pemodelan Prediktif: Data analis menggunakan algoritma prediktif untuk membuat model yang dapat memprediksi hasil berdasarkan data historis.

Evaluasi Model: Mengevaluasi keakuratan dan efektivitas model untuk memastikan relevansi dan validitasnya.

5. Riwayat dan Pelaporan

Dokumentasi Hasil: Data analis mendokumentasikan langkah-langkah yang diambil, hasil analisis, dan temuan utama. Dokumentasi ini penting untuk transparansi dan pelacakan kemajuan.

Baca Juga >>>  Penjelasan Struktur Data dalam Pemrograman

Pelaporan Periodik: Menyampaikan laporan periodik kepada pemangku kepentingan dengan temuan, tren, dan rekomendasi berdasarkan analisis data.

6. Kolaborasi dengan Tim Lain

Kolaborasi dengan Tim TI: Berkerja sama dengan tim teknologi informasi untuk memastikan akses yang tepat ke data dan menyelaraskan strategi analisis dengan infrastruktur teknologi.

Interaksi dengan Tim Bisnis: Berkomunikasi secara teratur dengan tim bisnis untuk memahami perubahan kebutuhan dan memastikan hasil analisis mendukung tujuan bisnis.

7. Pemeliharaan dan Pengembangan

Pemeliharaan Model: Memastikan bahwa model dan analisis tetap relevan dengan perubahan dalam organisasi atau lingkungan eksternal.

Pengembangan Keterampilan: Terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan tentang teknologi dan metodologi analisis data yang baru.

Seorang data analis berperan sebagai jembatan antara dunia bisnis dan dunia data. Dengan kemampuan analisis yang mendalam dan pemahaman yang kuat tentang konteks bisnis, mereka menjelajahi kompleksitas data untuk memberikan wawasan yang dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih informasional dan strategis.