Pengertian Dofollow dan Nofollow dalam SEO

ARENA RAKYAT – Dalam dunia optimasi mesin pencari (SEO), istilah “dofollow” dan “nofollow” merujuk pada jenis tautan atau link yang dapat memengaruhi peringkat sebuah halaman web di hasil pencarian. Memahami perbedaan antara keduanya menjadi penting bagi pengelola situs web. Mari kita lihat pengertian dofollow dan nofollow serta peran mereka dalam strategi SEO.

1. Dofollow

Dofollow adalah jenis tautan yang memungkinkan mesin pencari mengikuti dan mengindeks halaman yang ditautkan. Artinya, tautan dofollow memberikan “nilai SEO” dari halaman asal ke halaman yang ditautkan. Ketika mesin pencari menemui tautan dofollow, mereka akan mengikuti tautan tersebut dan memberikan bobot atau nilai SEO kepada halaman tujuan.

Contoh penggunaan tautan dofollow adalah sebagai berikut:

<a href="https://www.example.com" target="_blank" rel="dofollow">Kunjungi Example.com</a>

Dalam kasus ini, tag “rel=”dofollow”” menunjukkan bahwa tautan tersebut adalah dofollow.

2. Nofollow

Sebaliknya, nofollow adalah jenis tautan yang memberi instruksi kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti atau mengindeks halaman yang ditautkan. Tautan nofollow sering digunakan untuk menghindari memberikan “nilai SEO” kepada halaman tertentu. Ini bisa berguna dalam situasi di mana Anda tidak ingin mengalirkan otoritas SEO dari halaman Anda ke halaman yang ditautkan, seperti pada komentar pengguna atau tautan sponsor.

Contoh penggunaan tautan nofollow adalah sebagai berikut:

<a href="https://www.example.com" target="_blank" rel="nofollow">Kunjungi Example.com</a>

Dalam kasus ini, tag “rel=”nofollow”” menandakan bahwa tautan tersebut adalah nofollow.

Manfaat dan Penggunaan

  • Dofollow:
  • Meningkatkan otoritas SEO halaman yang ditautkan.
  • Mendorong peringkat mesin pencari.
  • Digunakan untuk tautan internal dan eksternal yang diinginkan untuk membangun otoritas.
  • Nofollow:
  • Mencegah aliran otoritas SEO ke halaman yang ditautkan.
  • Berguna untuk tautan sponsor atau iklan.
  • Mengendalikan tautan dalam komentar pengguna untuk menghindari spam.
Baca Juga >>>  Tutorial Bahasa Pemrograman HTML Untuk Pemula

Kombinasi Strategi

Sebagian besar situs web menggabungkan kedua jenis tautan ini dalam strategi SEO mereka. Tautan dofollow digunakan untuk membangun otoritas dan meningkatkan peringkat halaman, sementara tautan nofollow digunakan dengan bijak untuk mengontrol aliran otoritas dan menghindari praktik yang tidak diinginkan.

Pemahaman tentang perbedaan antara dofollow dan nofollow adalah kunci dalam merancang strategi tautan yang efektif. Memilih tipe tautan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan situs web Anda akan membantu meningkatkan kualitas dan relevansi halaman Anda di mata mesin pencari.